PROFIL TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ) AN-NUR

TAMAN PENDIDIKAN ALQURAN (TPQ) AN-NUR

Alamat                              : Jl. KHM. Kholil Gg. IV No.  37 Demangan

Pendiri                              : UStadz Ali Yasin

Tahun Berdiri                  : –

Kepala/pembina             : Ustadz Ryan Azmi Maulana

Jumlah Santri                 : –

Ciri Khas TPQ                 : Kemampuan Membaca Al Quran dengan Metode Iqro

Taman Pendidikan Alquran (TPQ) AN-NUR Pada mulanya adalah pengajian anak-anak yang dipelopori oleh Ustadz Ali Yasin pada tahun ….. Kegiatan yang dilaksanakan di rumah beliau, pada sore hari Pukul. 16.30 – 17.30 WIB. Dalam pengajian beliau mengajarkan beberapa ilmu cara membaca Al Quran dan metode Iqro. Membaca dan memahami kitab ….. dan lain-lain. Bermula dari kegiatan belajar membaca Al Quran biasa dan karena dukungan dan keinginan masyarakat terhadap lembaga pendidikan anak-anak , maka pada tahun 2016 didirikan Taman Pendidikan (TPQ) An-Nur dengan kepemimpinan oleh Ust. Ryan Azmi Maulana. Pendirian TPQ terdaftar atas nauangan dari Yayasan Al Kholiliyah An Nuroniyah

Sejak kegiatan belajar membaca Al Quran ini berdiri tepatnya tahun ….. dari pendirinya Ustadz Ali Yasjn, sampai berubah mwnjadi TPQ. Yang semula tempat belajar berlangsung di rumahnya beliau.  Akhirnya pada tahun akhir 2016 TPQ N-Nur mendapatkan tempat secara khusus yaitu di gedung …..

KEADAAN MASYARAKAT

Jumlah penduduk disekitar taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al-Nur sebanyak …. KK atau sekitar 523 jiwa. Semuanya mnganut agama Islam, pekerjaan mereka sebagian besar Pegawai Negeri dan swasta

KEGIATAN PENDIDIKAN

  • Gambaran Umum

Aktifitas belajar mengajar dilaksanakan mulai sore hari sampai malam hari dan wajib di ikuti oleh santri. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum lokal dan kurikulum TPQ. Adapun kitab yang dikaji diantaranya adalah kitab Iqro, dan kitab…….

  • Ciri Khas

Ciri Khas Taman Pendidikan Al’Quran (TPQ) An-Nur yaitu penguasaan membaca Al’Quran dan menghafal surat-surat pendek dengan metode Iqro, dan penguasaan ibadah bagi anak-anak.

GURU/PEMBINA DAN SANTRI

Jumlah Santri TPQ An-Nur berjumlah … orang , terdiri dari … Putra dan … putri . Berasal dari warga sekitar TPQ dan ada yang berasal dari tetangga kelurahan terdekat. Mereka rata-rata sekolah pagi hari di SD dan SMP dan sore hari sampai malam sesuai dengan kelas TPQ ikut kegiatan belajar hinga mampu dan menguasai kurikulum yang ada di TPQ ini. Taman Pendidikan Alquran (TPQ) A-Nur disamping  oleh Ustadz …. juga dibantu oleh Ustadzah ….

SARANA DAN PRASARANA

Taman Pendidikan Alquran (TPQ) An-Nur memiliki ruang di gedung…….

SUMBER DANA DAN USAHA EKONOMI

Sumber dana Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Nur berasal dari ……. Dan swadaya penyelenggara wali santri/Masyarakat sekitar .

PROGRAM PENGEMBANGAN

Sejumlah agenda pengembangan dan pembangunan  Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Nur sedang dirancang baik berupa fisik maupun non fisik. Diantaranya memperbaiki fasilitas penunjang belajar santri agar bisa lebih nyaman dan konsentrasi dalam belajar. Dibidang non fisik  Taman Pendidikan AlQuran (TPQ) Al-Nur ini juga terus melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap para santri terutama dalam masalah SDM bagi Ustadz/Ustadzah dan kerjasama dengan masyarakat luas, sehingga lembaga TPQ semakin maju dan berkembang.

Tinggalkan komentar